Definisi LAN dan Karakteristiknya

Definisi LAN dan Karakteristiknya



LAN (Local Ruang Network) yaitu jaringan komunikasi yang terkoneksi dengan beragam piranti komunikasi dalam lingkup ruang yang terbatas. Dalam dunia telekomunikasi LAN banyak diterapkan untuk mendukung kelancaran dalam berkomunikasi. Misal dari jaringan LAN yaitu beberapa computer yang sama-sama terkait dalam satu gedung atau kantor.

PROTOKOL LAN
Protokol LAN adalah satu ketentuan-aturan yang di buat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) supaya piranti-perangkat komunikasi dalam jaringan LAN bisa berkomunikasi dengan baik. Adapun standard protokol LAN yang telah diputuskan oleh IEEE yaitu seperti berikut :

Ethernet (IEEE 802. 3) : Adalah implementasi tehnologi dari physical layer serta data link yang diterapkan dalam LAN. Ethernet paling banyak dipakai juga sebagai protokol LAN lantaran memiliki kekuatan yang tinggi dengan harga yang relatif murah. Awal mulanya ethernet kecepatan transmisi serta penerimaan data 10 Mbps. Lantaran bersamaan dengan perkembangan tehnologi, diciptakanlah ethernet yang berkecepatan sampai 100 Mbps yang di kenal dengan arti Fast Ethernet. Diluar itu di ciptakan juga Gigabit Ethernet yang berkecepatan sampai 1000 Mbps

Token Ring (IEEE 802. 5) : Adalah protokol yang di buat oleh perusahaan IBM. Dimaksud token ring lantaran memakai jalinan satu jaringan dalam lingkaran atau ring. Seperti yang tampak pada gambar berikut ini yang tunjukkan bahwa jalinan pada sebagian computer dalam satu lingkaran. Token ring cuma memiliki kecepatan aliran data sebesar 4 Mbps atau 16 Mbps saja.


Prinsip kerja dari token ring yaitu satu token atau frame diantar ke sebagian computer
yang ada didalam jaringan lingkaran. Bila computer terima token, jadi computer itu
memiliki hak kirim data. Bila nyatanya tak ada yang di kirim oleh computer itu jadi
computer itu bakal menampik token serta melanjutkan token itu ke computer yang lain,
serta demikian selanjutnya hingga token di terima oleh computer yang bakal kirim data.
Supaya antar computer bisa berkomunikasi, jadi komputer-komputer yang ada mesti tehu-
bung dengan jaringan token ring lewat Multistation Access Unit (MAU). Seperti yang
bisa dipandang pada gambar berikut ini :



Fiber Distributed Data Interface (FDDI) : Adalah protokol yang di ciptakan oleh American Standar Institute (ANSI) yang memakai media fiber optic ganda yang dibuat mirip lingkaran yang terbagi dalam lingkaran primer serta lingkaran sekunder. Lingkaran primer serta lingkaran sekunder bisa dipakai untuk kirim data, tetapi lingkaran primer-lah yang jadikan pengirim data paling utama. Sedang lingkaran sekunder bakal digunakan bila lingkaran primer tak berperan. Untuk lebih detilnya dapat dipandang pada gambar berikut ini :
FDDI mensupport kecepatan aliran data sampai 100 Mbps. Supaya antar computer bisa berkomunikasi, jadi komputer-komputer yang ada mesti tehubung dengan jaringan jaringan FDDI memakai piranti yang dimaksud concentrator.

Asynchronous Transfer Mode (ATM) : Adalah protokol yang memakai frame dengan ukuran yang terus yakni sebesar 53 byte yang dimaksud sel. Keunggulan memakai ATM yaitu kita bisa memperkirakan besarnya pengiriman data dengan pas, karena ukuran frame yang terus pada ATM. ATM dapat juga memastikan prioritas pengiriman pada sebagian data yang bakal dikirimkan

0 Response to "Definisi LAN dan Karakteristiknya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef